cara menjaga kesehatan tulang

1. Hindari Duduk Terlalu Lama
Bagi para pegawai kantor, duduk menjadi hal yang sering dilakukan, apalagi ketika bekerja menghadapi monitor komputer. Padahal duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan beberapa gangguan yang menyerang bagian-bagian tubuh tertentu, terutama bagian sendi. Maka dari itu, sebaiknya hindari duduk terlalu lama. Anda harus selingi dengan berdiri atau berjalan pendek agar sendi menjadi lemak dan tidak kaku.

2. Nyamankan Posisi Duduk
Selain dengan sesekali berdiri atau berjalan pendek, sebaiknya posisi duduk juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin untuk membuat tubuh dalam keadaan posisi yang tepat dan nyaman. Hal ini sangat penting, untuk mencegah nyeri sendi yang kapan saja bisa datang.

3. Rilekskan Tubuh
Sebisa mungkin untuk menjaga tubuh tetap santai dan hindari stres dan ketegangan. Pada saat tubuh tegang, maka bagian-bagian tubuh tertentu akan menimbulkan tekanan yang cukup tinggi pada sendi dan apabila hal ini terjadi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan sendi. Maka dari itu, jaga tubuh tetap rileks dan hindari keadaan tubuh yang tegang karena bisa mempengaruhi kesehatan sendi Anda.

4. Luangkan Waktu untuk Istirahat
Ketika bekerja tentu saja ada waktu luang yang telah disedikan untuk berisitirahat. Manfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan rilekskan tubuh Anda sehingga ketika Anda bekerja kembali menjadi lebih maksimal. Ketika tubuh berisitirahat dengan tenang, maka bagian sendi juga menjai lebih rileks.

Lainnya :
Alat Terapi Pijat Murah
Alat Olahraga Kesehatan
Jual Supplemen Kesehatan
Tempat Konsultasi Kesehatan
Dokter Kesehatan Kulit
Cara Menjaga Kesehatan
5. Makanan yang Tepat
Makanan juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Karena itu, pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tepat sehingga baik bagi tubuh termasuk baik juga bagi kesehatan tulang dan bagian sendi Anda. Untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel sendi yang sehat bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan vitamin C, vitamin D dan juga kalsium.

6. Olahraga secara Teratur
Olahraga secara teratur merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Minimal Anda harus meluangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar pada pagi hari. Selain masih segar, udara pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, apalagi jika mendapatkan sinar matahari pada pagi hari. Sinar matahari bisa merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Selain berjalan-jalan, olahraga lain yang dapat menguatkan tulang yakni aerobik misalnya beresepeda atau berenang.

7. Jaga Berat Badan
Untuk menjaga kesehatan sendi, menjaga berat badan merupakan salahsatu hal yang harus diperhatikan. Berat badan akan memberikan beban pada persendian, misal pada sendi lutut, pinggul dan punggung. Hal tersebutlah yang menjadikan masalah sendi pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Jika Anda memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera turunkan berat badan Anda sehingga tekanan sendi akan menjadi lebih berkurang.

8. Membentuk Otot
Memiliki otot yang kuat bisa membantu fungsi sendi dengan baik. Untuk membentuk otot, diperlukan latihan beban. Namun, Anda harus berhati-hati memilih latihan beban untuk tubuh Anda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

9. Batasi Latihan
Meskipun Olahraga baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi sebaiknya Anda hindari beberapa olahraga yang bisa jadi terlalu berat bagi persendian Anda. Maka dari itu pilihlah olahraga yang tidak membuat sendi Anda bermasalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara menjaga kesehatan tulang"

Posting Komentar