5 makanan terbaik untuk tulang

1. Susu

Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium. Sekitar 235 ml susu sapi murni mengandung 300 mg kalsium atau 30% kebutuhan harian orang dewasa. Susu juga mengandung protein dan nutrisi bermanfaat lainnya. Beberapa susu telah difortifikasi dan mendapat tambahan vitamin D.

Jika khawatir dengan kandungan lemak jenuhnya, Anda bisa memilih susu rendah lemak atau tanpa lemak yang masih tinggi akan kalsium.

2. Keju

Sebagai hasil olahan susu, keju juga banyak mengandung kalsium yang jumlahnya berbeda tergantung proses koagulasinya. Keju yang dikentalkan dengan enzim biasanya memiliki kalsium dua kali lebih tinggi daripada yang dikentalkan dengan asam. Sekitar 100 g keju cheddar memiliki sekitar 721 mg kalsium. Keju juga umumnya diberi tambahan vitamin D, namun jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Yogurt

Sekitar 1 cup yogurt murni tanpa lemak mengandung sekitar 300 mg kalsium atau 30% dari kebutuhn harian Anda, sementara greek yogurt yang kaya protein memiliki kalsium lebih rendah, yakni 20% dari kebutuhan harian. Di dalam yogurt terdapat protein lactoferrin yang baik untuk pertumbuhan dan aktivitas sel pembentuk tulang. Yogurt juga kaya akan zat baik lainnya. Tak hanya itu, yogurt dan keju bisa menjadi alternatif jika Anda memiliki toleransi rendah terhadap laktosa dan tidak bisa mengonsumsi susu.

4. Sarden

Ikan yang banyak tersaji dalam bentuk kalengan ini ternyata kaya akan kalsium, yakni sekitar 30% kebutuhan harian untuk jenis ikan sarden dari Atlantik, dan 23% untuk sarden dari samudera Pasifik. Sarden pun banyak mengandung vitamin D, mencapai lebih dari 40% kebutuhan harian menurut United States Department of Agriculture. Sarden juga memiliki fosfor yang penting untuk menguatkan matriks tulang, homosistein yang terkait dengan osteoporosis, dan vitamin B12 yang dapat mendukung kesehatan tulang.

5. Telur

Kandungan kalsium dalam telur tidak terlalu tinggi, hanya 5% dari kebutuhan harian. Namun, telur kaya akan vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 makanan terbaik untuk tulang"

Posting Komentar